Apa Yang Dimaksud Dengan Properti? Simak Disini

3 min read

apa yang dimaksud properti

Properti biasanya merujuk kepada kepemilikan seseorang mengenai suatu hal. Namun, secara rinci, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan properti? Lalu, apa saja yang termasuk dalam kategori property? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Properti

Properti umumnya dikaitkan dengan kepemilikan seseorang atau sebuah kelompok atas sesuatu dengan hak yang eksklusif. Properti sendiri terbagi dalam real property atau tanah, personal property atau kekayaan pribadi, dan kekayaan intelektual.

Apa yang dimaksud dengan properti kekayaan intelektual? Hal ini berkaitan dengan properti yang membuat sebuah barang menjadi “milik seseorang”, dan kepemilikan ini bisa pribadi maupun kelompok. Namun hak ini tetap menjamin bahwa si pemilik hak bisa melakukan apapun pada properti.

Hak atas properti sendiri menurut beberapa ahli timbul karena berbagai macam hal, dan yang pertama adalah karena norma sosial. Ada pula yang mengatakan bahwa hak itu muncul karena moralitas atau hukum alamiah.

Properti memang ditekankan sebagai suatu kelompok hak, dan hak ini tidak berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan manusia lainnya. Hubungan ini lebih kepada penghargaan manusia pada barang. Jadi, seperti istilah properti pribadi, ini lebih mirip maknanya dengan kepemilikan individu.

Properti individu sendiri bisa juga digunakan untuk merujuk pada kepemilikan perusahaan. Hal ini seperti yang digunakan oleh Karl Max dalam menjelaskan hubungan sosial pada pekerja dengan pemilik perusahaan. Sedangkan properti publik adalah properti milik komunitas secara kolektif atau negara.

Hak Kepemilikan Properti

apa yang dimaksud dengan properti

Hak kepemilikan properti ini berkaitan dengan hak untuk memiliki serta menguasai hal yang menjadi milik seseorang secara sah. Meskipun seseorang dalam konteks ini tidak berarti harus individu tertentu, melainkan bisa juga seperti perusahaan.

Perusahaan sendiri mempunyai hak yang setara dengan warga negara yang lain serta hak konstitusi. Oleh karena itu, perusahaan juga bisa dikatakan sebagai badan hukum. Pemilik properti juga mempunyai hak atas properti, dan hak tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Hak mengontrol kegunaan dari properti
  2. Hak untuk segala keuntungan dihasilkan dari properti tersebut, seperti hak sewa atau hak tambang.
  3. Hak mengalihkan maupun menjual properti tersebut.
  4. Hak mempunyai atau memiliki properti secara eksklusif.

Semua hak tersebut sudah dijamin secara hukum, yang diatur sedemikian rupa dengan tujuan untuk melindungi transaksi serta sengketa atas penguasaan, pemanfaatan, penggunaan, pembagian, seta pengalihan properti. Hal ini biasanya disebut dengan istilah kontrak.

Jenis Properti

apa yang dimaksud properti

Setelah memahami penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan properti, tentunya Anda ingin tahu apa saja yang termasuk dalam jenis properti. Berikut ini jenis-jenis properti serta berbagai kelebihan dari setiap properti tersebut.

  1. Rumah Tapak

Landed house atau rumah tapak merupakan pilihan utama orang-orang sebagai tempat tinggal maupun digunakan sebagai investasi. Sebagian besar orang lebih menyukai rumah tapak dibandingkan harus membeli apartemen.

Keunggulan dari rumah ini adalah budget yang tidak terlalu mahal. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda supaya tidak salah memilih perumahan dan rumah tersebut bisa dijadikan investasi yang bagus. Berikut ini hal-hal yang harus menjadi perhatian Anda

  • Row Jalan

Row jalan merupakan salah satu syarat untuk KPR. Pastikan Anda memilih perumahan dengan row jalan yang memiliki lebar minimal 6 meter atau yang cukup untuk digunakan dua setengah mobil.

  • Lebar Rumah

Usahakan rumah yang Anda pilih cukup lebar, sehingga tidak menimbulkan kesan sempit. Minimal lebar rumah adalah 5 meter, dan jangan sampai memilih rumah dengan lebar di bawah itu.

  • Lokasi Rumah

Hal yang juga harus menjadi pertimbangan Anda adalah lokasi rumah. Usahakan rumah yang Anda pilih jangan terlalu pelosok, sebab beberapa proyek perumahan yang baru dengan harga murah memiliki lokasi yang cukup pelosok.

Lokasi ini bahkan cukup terpencil dan sangat susah untuk diakses. Anda bisa menahan properti tersebut dalam jangka waktu 5 hingga 10 tahun, untuk menunggu pemerataan pembangunan di daerah tersebut, namun jangan lebih dari waktu ini.

Anda juga harus memastikan bahwa rumah yang Anda pilih bisa dijangkau oleh perusahaan pengiriman. Jadi, Anda tidak akan terkendala dalam pengiriman surat-surat penting.

Simak juga artikel tentang pendidikan di 2nd-one.com

  • Fasilitas Umum

Usahakan memilih rumah yang dekat dengan berbagai fasilitas umum. Fasilitas yang dimaksud ini seperti sekolah, minimarket, layanan kesehatan, pertokoan atau fasilitas lainnya, jadi Anda tidak menghabiskan waktu di jalan.

Rumah di daerah perumahan ini tidak boleh dijadikan sebagai tempat usaha. Jadi, jika Anda ingin menjadikannya sebagai tempat usaha membutuhkan izin tambahan.

  1. Ruko

Apa yang dimaksud dengan properti ruko atau Rumah Toko? Ini merupakan perpaduan dari rumah sebagai tempat tinggal, serta toko untuk izin usaha. Harga ruko biasanya lebih mahal, karena perizinan ruko jauh lebih rumit dibandingkan dengan tempat tinggal biasa.

Meskipun demikian, investasi ruko cukup menjanjikan. Bahkan ruko-ruko biasanya dibangun di kawasan yang sangat strategis, serta dengan harga yang cukup baik. Adapun hal yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih ruko, diantaranya sebagai berikut.

  • Lahan Parkir

Aspek pertama yang harus menjadi pertimbangan Anda adalah lahan parkir, karena tempat tersebut akan digunakan sebagai tempat usaha yang pastinya dikunjungi banyak orang. Jadi, lahan parkir yang dimiliki ruko haruslah luas, sebab ruko tanpa tempat parkir tidak terlalu menarik perhatian pengunjung.

  • Sertifikat HPL

Ruko-ruko tertentu biasanya mempunyai sertifikat HPL atau Hak Pakai Lahan. Namun, jika ruko yang Anda pilih berada di daerah komersial, maka kecil kemungkinannya ruko tersebut akan ditarik HPLnya.

  • Posisi Ruko

Ruko dengan posisi yang cukup strategis biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Contohnya ruko yang menghadap ke jalan raya, ruko ini sangat strategis namun harganya juga sangat mahal.

  • Pertimbangan untuk Menyewakan Ruko

Jika memiliki ruko dan ingin menyewakan per lantai, Anda harus mempertimbangkan untuk membuat tangga di bagian luar. Jadi, ini tidak akan mengganggu si penyewa.

  1. Apartemen

yang dimaksud dengan properti

Apartemen merupakan pilihan lain sebagai tempat tinggal, selain rumah. Properti jenis ini cenderung diminati oleh generasi mileneal, karena dianggap lebih praktis. Walaupun ada juga apartemen yang mewah dengan harga yang sangat mahal.

Apartemen biasanya terletak di pusat kota, atau posisi strategis lainnya, karena peminatnya bukan berasal dari semua kalangan. Ada juga apartemen yang posisinya terletak di pinggir kota, namun kota tersebut adalah kawasan terpadu atau calon kota satelit.

Dalam hal ini, Biasanya apartemen dikerjakan developer ternama terutama jika menggunakan konsep superblock atau mixed use. Namun, ini berbeda jika developernya baru.

Baca juga artikel tentang apa itu bintang, menambah wawasan cakrawala kita

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika apartemen tersebut dikerjakan oleh developer baru yang menjanjikan banyak hal.. Hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Lokasi

Hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih apartemen adalah lokasi. Lokasinya haruslah nyaman serta lebih mudah diakses.

  • Fasilitas

Fasilitas tentunya menjadi salah satu unggulan untuk apartemen. Pilihlah apartemen yang mempunyai fasilitas lengkap, karena tujuan memiliki apartemen adalah agar kehidupan Anda bisa lebih praktis, bukan semakin merepotkan.

  • Biaya Servis

Apartemen biasanya juga menghasurkan pemiliknya membayar biaya servis. Pilihlah biaya servis yang memang sesuai dengan segmen pada apartemen tersebut, dan sesuai budget Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *